Petuah Dari Desa

Tiap tahun jutaan angkatan kerja gres lahir di Indonesia. Dapat dipastikan hampir 70 persen dari mereka ngejar-ngejar untuk menjadi abdi negara (PNS). "Seolah-olah jika tidak menjadi PNS, tak sahlah bersekolah atau berkuliah." Padahal hakekat bersekolah atau berkuliah ialah untuk belajar, bukan harus menjadi PNS.
Petani membajak sawah dengan kerbau

Jangan hanya bertumpuk mencari pekerjaan kantoran, saatnya membuka lapangan pekerjaan dengan menjadi wirausaha. Dengan makin banyak yang berwirausaha, kesejahteraan masyarakat pun akan bangkit. 

Ekonomi tidak selamanya kekal ditangan satu orang, pergeseran akan senantiasa terjadi. Diprediksikan ekonomi Indonesia pada suatu dikala akan dipegang oleh generasi muda-mudi yang kreatif, giat dan kerja keras. 

Kesempatan jarang tiba kedua kali, gunakan hidup ini dengan sebaik-baiknya. Menyerah sebelum sukses bukanlah solusi, justru menciptakan kita tidak sanggup berkembang. Sebelum terlambat, mari bergerak.!

Mengadu nasib di perantaun atau merantau, demi mendapat kehidupan yang layak, kadang kala tak semua bernasib baik, dan  tidak semua orang sanggup bertahan. Buktinya, banyak orang sehabis berjuang diperantauan harus kembali juga ke kampung halaman, ada yang pulang tanpa bekal apa-apa.

Jangan lagi kerantau, jika tak punya bekal yang cukup. Saatnya belum dewasa muda desa mengurus ladang kebun. Semuanya belum terlambat, yang terlambat jika kita tidak mencoba untuk bangkit. Apalagi kedepan akan banyak dana terjun kedesa, dukungan modal sanggup di saluran melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Penting untuk dirubah, modal kerja dipakai untuk buka usaha. Karena kebiasaan orang-orang kita, sehabis sanggup modal kerja, modalnya dipakai untuk beli HP baru, TV baru, dan motor baru. Inilah petuah dari desa, sekedar mengingatkan kita semua.

Itulah salah satu sebab, sehingga masalah ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa, tidak berujung nasib baik. "Disamping pemerintah kita, terkadang bermata satu dan berhati sebelah dalam membangun desa". 

Tapi kedepan, bakal banyak pelatihan-pelatihan wirausaha masuk desa. Momentun ini harus benar-benar dipergunakan untuk menumbuhkan semangat wirausaha di desa. 

PNS ialah pelayan bagi masyarakat, abdi bangsa dan negara. Buktikan kerjamu untuk rakyat, jangan hanya duduk santai tiap bulan terima gaji. Maaf jika ada yang tersinggung.! (Min)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel