Mendes Kesepakatan Bumdes Akan Tetap Libatkan Koperasi

Ayo Bangun Desa - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo berjanji Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dibinanya akan tetap melibatkan koperasi bahkan membentuk koperasi bila diperlukan.
 Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Mendes Janji BUMDes akan Tetap Libatkan Koperasi

Hal itu disampaikan Mendes Eko Putro Sandjojo sekaligus menyatakan dukungannya terhadap koperasi yang sudah ada (existing) di pedesaan, bahkan pihaknya siap mendorong BUMDes untuk mendirikan koperasi bila di desa tersebut belum terbentuk koperasi.

"Nantinya sinergi antara BUMDes dengan koperasi akan terus berjalan, contohnya suatu desa yang sudah maju dengan sejumlah unit usaha, maka perlu disinergikan dengan koperasi yang sudah ada. Kalau belum ada koperasi, kita akan bentuk koperasi," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, dalam keterangan tertulis di Jakarta Senin.

Dalam hal ini BUMDes dapat mempunyai unit perjuangan yang bekerja sama dengan koperasi.


"Jadi misal nanti kalau desa sudah terintegrasi ada kebutuhan angkutan, kemudian ada koperasi angkutan, sehingga ada sinergi koperasi dengan BUMDes," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi merencanakan tidak akan menyebabkan BUMDes dalam bentuk koperasi, melainkan dikelola dalam bentuk tubuh perjuangan sehingga harus terlebih dahulu mempersiapkan sumber daya insan yang memadai.

Nantinya sebanyak 75.000 BUMDes akan dikelola oleh masyarakat desa yang manfaatnya dipakai untuk membangun desa.

Sementara itu, koperasi merupakan unit perjuangan yang dimiliki anggotanya, tetapi pembagian akibatnya dipakai untuk kesejahteraan anggota.

Eko menawarkan contoh, BUMDes yang berhasil salah satunya yakni BUMDes Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang sudah berhasil menyebarkan wisata air umbul Ponggok.

"Di sana pengelolaan unitnya dilakukan oleh koperasi, bahkan sudah didirikan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di dalamnya," katanya. (Sumber: Antara)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel