Masih Galau Seputar Dana Desa, Temukan Jawabannya Disini!

Salah satu ketentuan penting dari Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 wacana Desa ialah hadirnya Dana Desa yang bersumber dari APBN. Dana Desa merupakan bentuk kongkrit legalisasi Negara terhadap hak asal-usul Desa dan kewenangan lokal berskala Desa. Dana Desa dibutuhkan sanggup memberi komplemen energi bagi Desa dalam melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan Desa, menuju Desa yang kuat, maju dan mandiri.

Salah satu ketentuan penting dari Undang Masih Bingung Seputar Dana Desa, Temukan Jawabannya Disini!
Ilustrasi: Blogger Desa
Karena begitu penting dan strategisnya Dana Desa, sehingga masuk akal apabila Dana Desa menerima perhatian sangat besar dari publik, alasannya ialah nilai nominalnya yang relatif besar. Sementara banyak pihak yang merasa waswas terhadap kompetensi dan kapabilitas perangkat Desa dalam pengelolaan dana tersebut.

Melalui buku ini, banyak sekali pertanyaan wacana Dana Desa yang paling sering diajukan oleh masyarakat Desa, perangkat Desa, maupun stakeholder Desa, akan diulas melalui jawaban-jawaban yang lugas dan opsional. 

Buku ini disusun sebagai media sosialisasi Dana Desa sekaligus anutan bagi masyarakat, Pemerintahan Desa, serta stakeholder Desa dalam mengelola Dana Desa sesuai dengan kewenangannya masing-masing. Setelah membaca buku ini diharapkan sanggup memperlihatkan donasi yang konkret dalam rangka melaksanakan visi pembangunan dan pemberdayaan Desa, yakni mewujudkan Desa yang kuat, mandiri, dan demokratis.

Dalam buku ini akan menjelaskan wacana pengertian dan kedudukan dana desa, definisi dana desa, kedudukan dan fungsi dana desa, dan pengalokasian dana desa. Menjelaskan wacana penyaluran dana desa, prosedur penyaluran dana desa, dan dokumen penyaluran dana desa. 

Buku ini juga menjelaskan wacana pengelolaan dana desa, pelaksana kegiatan, teknis dan manajemen dana desa, pajak, pelaporan dan pengawasan, dan prinsip swakelola acara desa

Selanjutnya, menjelaskan wacana penggunaan dana desa, prioritas penggunaan dana desa, belanja dana desa, pertanggung tanggapan dana desa, dan pengawasan dana desa hingga pada klarifikasi sisa dana desa.

Masih Bingung Seputar Dana Desa, Temukan Jawabannya Disini! Dalam buku "Dana Desa Untuk Desa Membangun Indonesia" (Tanya Jawab Seputar Dana Desa). Donwload buku ini yang diterbitkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2016.(*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel