5 Tahapan Dalam Capturing Penemuan Desa

Program Inovasi Desa diluncurkan pertama kali pada tahun 2017 oleh Kementerian Desa dalam rangka mendorong pemanfaatan dana desa yang lebih berkwalitas melalui banyak sekali kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.


Program Inovasi Desa diluncurkan pertama kali pada tahun  5 Tahapan Dalam Capturing Inovasi Desa

Sebagaimana kita pahami bahwa salah satu tahapan dalam pelaksanaan kegiatan penemuan desa yaitu capturing.


Capturing ialah proses pendokumentasian atas pengetahuan dan pengalaman desa dalam pemanfaatan dana desa yang inovatif semoga sanggup disebarkan ke desa lainnya untuk direplikasikan atau dikembangkan.


Contoh kegiatan penemuan desa sanggup dibaca dalam Dokumen Pembelajaran Inovasi Desa.


Dalam proses capturing, setidaknya ada 5 tahapan yang dilakukan 
yaitu indentifikasi (capturing awal dan penyortiran), verifikasi, capturing lengkap (formatting dan verifikasi lanjutan), packaging dan validasi.


Packaging ialah proses pengemasan dan editing terhadap sebuah video, album foto atau goresan pena dari hasil penangkapan penemuan desa yang telah diverifikasi oleh tim penemuan kabupaten.

Tujuannya yaitu untuk mendapat kwalitas packaging yang baik, sehingga pesan-pesan yang disampaikan gampang ditangkap dan pada karenanya akan memotivasi desa-desa lain untuk melaksanakan reflikasi inovasi.

Demikian klarifikasi perihal packaging yang merupakan salah satu tahapan dalam proses capturing inovasi. Untuk klarifikasi tahapan lainnya, sanggup dibaca dalam pengertian capturing dalam penemuan desaSemoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel