Filosofi Bumdes

Badan Usaha Milik Desa selanjutnya disingkat BUM Desa yakni tubuh perjuangan yang seluruhnya atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui pernyataan secara pribadi yang berasal dari kekayaan Desa, yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan perjuangan lainnya untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat Desa. 

 selanjutnya disingkat BUM Desa yakni tubuh perjuangan yang seluruhnya atau sebagian besar mod Filosofi BUMDes

Pendirian BUMDes bukan semata-mata mengejar keuntungan. Bumdes lahir dari kedaulatan desa untuk mengelola sumberdaya ekonominya. Bumdes yakni anak kandung dari pemerintah desa. Pemerintah desa yang baik, higienis dan transparan akan menghasilkan Bumdes yang profesional.

BUMDes merupakan kepanjangan tangan dari Pemerintah Desa untuk mewujudkan tugas dan fungsinya dalam memperlihatkan sebesar-besarnya kesejahteraan pada masyarakat.

Filosofi BUMDES ada tiga poin:

1.BUMDES yakni tubuh usaha, namun bukan semata-mata mencari keuntungan, tetapi juga punya muatan pelayanan kepada masyarakat (sebagai kepanjangan tangan PEMDES) dan menjalankan upaya pemberdayaan masyarakat dan menggerakkan ekonomi Desa.

2.Oleh lantaran itu, BUMDES seyogyanya tidak mengambil alih aktivitas ekonomi yang sudah dijalankan oleh warga, tetapi membuat yang baru, memperlihatkan nilai tambah atau mensinergikan aktivitas-aktivitas ekonomi yang sudah ada.

3.BUMDES merupakan salah satu bentuk Social Enterprise, yaitu forum bisnis yang didirikan untuk menuntaskan masalah-masalah sosial, caranya dengan membuat nilai tambah (Creating Value), mengelola potensi dan aset (Managing Value) dan memperlihatkan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi warga (Distributing Value).

Bumdes harus Untung dan Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat

Bumdes sukses bukan kebetulan. Bukan hanya milik desa-desa tertentu. Setiap desa mempunyai peluang untuk sukses dan sejahtera jika bisa menggali potensi dan menemukan peluang. 

Ada cara-cara yang bisa kita Amati, Tiru dan Lakukan yaitu:

1. Penguatan kelembagaan
2. Peningkatan kapasitas SDM
3. Perluasan Akses Pasar
4. Pemanfaatan media sosial
5. Perluasan jejaring nasional

Ada 5 hal yang perlu dilakukan untuk desa-desa, jika belum punya bumdes segera dirikan, jika sudah bangun segera lakukan pemetaan potensi dan menentukan usaha, jika sudah dilakukan belum jalan ulangi lagi, jika sudah jalan segera kuatkan, jika sudah berpengaruh kembangkan.

Tiga kuncinya gunakan yang ada, mulai dari yang kita bisa dan Lakukan kini juga.

Dimulai dengan niat mulia, dilanjut janji kompak kepala desa-bumdes-masyakarat, dan dilaksanakan dengan penuh keyakinan. 

Insya Allah Sukses. 2019 Saatnya Bumdes dirasakan keuntungannya oleh masyarakat.

Referensi:
- Bumdes.id
- dailyrudy.wordpress.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel