Dana Desa Aceh Tidak Dikelola Transparan

Ayo Bangun Desa - Penggunaan Dana Desa diseluruh kabupaten/kota di Aceh masih belum transparan, bahkan juga masih banyak pemotongan dan pengalokasian yang tidak sempurna sasaran.
 Penggunaan Dana Desa diseluruh kabupaten Dana Desa Aceh Tidak Dikelola Transparan
Dana Desa/Ilustrasi
Koordinator LSM Masyarakat Transparansi Aceh (MATA), Alfian, Senin (20/2/2017) mengatakan, menurut hasil kajian yang dilakukan oleh pihaknya, masyarakat sangat sulit untuk mengakses laporan pertanggungjawaban dana desa tersebut.


"Kesulitan warga itu hampir terjadi diseluruh wilayah Aceh, seharusnya laporan pertanggungjawaban itu disampaikan ke publik dan bukan malah tertutup ibarat kini ini," ujar Alfian. 

Alfian menambahkan, pihaknya telah mendapatkan laporan dari masyarakat sebanyak 30 kasus, yang isi laporanya semua terkait dengan dugaan penyimpangan penggunaan dana desa tersebut.

Secara umum penyimpangan penggunaan dana yang paling banyak yaitu, duduk kasus pengutipan bahkan masalah itu ada yang belum selesai, ibarat yang terjadi di Aceh Utara. Begitu juga dengan mark up anggaran, pemotongan dan beberapa masalah lainnya.


"Tata kelola dana desa itu ketika ini bukan swadaya masyarakat, seharusnya setiap warga dilibatkan untuk banyak sekali proses. Tapi ketika ini yang terjadi di seluruh Aceh, pengelolaan dana itu hanya dipercayakan pada satu orang saja," tutur Alfian. (Sumber: goaceh.com) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel