Menjaga Amanah Dana Desa

Dana desa mempunyai nilai yang sangat strategis dalam mempercepat pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Kalau benar pemanfaatan dan pengelolaanya akan melahirkan manfaat multi efek, menyerupai dengan membangun inprastruktur desa juga sanggup memicu pertumbuhan kemajuan ekonomi masyarakat. Namun, impian tersebut masih ada kekurangan disana-sini dilapangan.
Dana desa mempunyai nilai yang sangat strategis dalam mempercepat pembangunan desa dan pemb Menjaga Amanah Dana Desa
Ilustrasi/Foto:Totabuan.co
Berdasarkan amatan, penyalagunaan penggunaan dana desa masih saja terjadi, baik yang disegaja atau tidak. Minimnya sosialisasi perihal mekanisme dan hukum penggunaan dana desa merupakan salah satu faktor penyebabnya. Sehingga dengan pengetahuan terbatas yang mereka miliki, menjadikan beberapa kades bersama aparatur desa terseret dalam kasus penyalahgunaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). 

Pada sisi lain, penyelewengan dana desa diduga ikut melibatkan oknum-oknum dari aneka macam instansi pemerintah dan tenaga pendamping dengan modus bermacam-macam. Untuk memastikan apakah dugaan-dugaan atas penyalahgunaan dan penyelewengan dana desa oleh aneka macam pihak, disinilah pentingnya dilakukan proses audit. Pengawasan secara terus menerus menjadi utama yang harus dikedepan biar dana desa tidak melenceng dari tujuan dan sasaran.

Seperti kita diketahui bahwa salah satu tujuan dari dana desa ialah untuk mempersiapkan kemandirian desa. Karena itu, setiap jadwal dan aktivitas yang direncanakan harus sanggup menjaga amanah dana desa, sebagai perintah dari implementasi UU Desa. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel