Mendes Minta Masyarakat Desa Jaga Lingkungan

INFODES - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menghimbau kepada masyarakat khususnya yang ada di desa-desa untuk turut gotong royong mengendalikan perubahan iklim dengan menjaga lingkungan di desanya masing-masing terutama di desa yang berada disekitar hutan.
 Eko Putro Sandjojo menghimbau kepada masyarakat khususnya yang ada di desa Mendes Minta Masyarakat Desa Jaga Lingkungan
Hal itu disampaikan Eko Putro Sandjojo ketika menunjukkan pesan menteri dalam program Festival Iklim 2018 di Gedung Manggala Wanabhakti Senayan, Jakarta pada Selasa (16/1) ibarat dilansir dari situs Kemendesa.

Menurutnya, efek dari terjadinya perubahan iklim yang diprediksi akan ada cuaca yang ekstrem ketika ini dapat menjadikan banyak sekali tragedi ibarat longsor, kebakaran maupun kekeringan yang dapat merugikan masyarakat desa.

"Yang paling dirugikan yaitu masyarakat miskin yang ada di desa. Karena itu, akad untuk menjaga lingkungan tidak dapat ditawar lagi dan sudah menjadi kiprah kita bersama untuk memperbaiki demi kelangsungan hidup manusia," katanya.

Kemendes PDTT, berdasarkan Eko telah turut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan melalui kerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta dengan dunia perjuangan yang bekerja pada sektor kehutanan dengan membentuk Desa Mandiri Peduli Api (DMPA) sebagai upaya masyarakat desa yang berada disekitar hutan untuk tidak aben hutan.

"Dua tahun terakhir ini kebakaran sudah mulai berkurang. Karena desa - desa disekitar hutan tersebut sudah kita berdayakan ekonominya. Beberapa perusahaan juga turut berpartisipasi aktif dengan menggelontorkan anggaran CSRnya," katanya.

Bukan hanya melaksanakan kerjasama, Kemendes PDTT juga telah mengarahkan kepada seluruh kepala desa terkait pemanfaatan penggunaan dana desa untuk menciptakan embung semoga air yang mengalir dari embung tersebut dapat terserap disaat mengalami kekeringan. Bahkan, sejumlah desa juga telah berhasil menciptakan sebanyak ratusan ribu drainase dan membangun turap penahan tanah longsor.

"Mari sama-sama kita menjaga lingkungan kita. Kita jaga semoga Indonesia dimasa yang akan tiba dengan lahan tropis yang besar ini dapat menjadi stok pangan dunia,"pungkasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel