Jokowi Kesepakatan Penilaian Spj Pelaporan Dana Desa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan mengevaluasi format Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dana desa yang dianggap terlalu rumit.

 berjanji akan mengevaluasi format Surat Pertanggungjawaban  Jokowi Janji Evaluasi SPJ Pelaporan Dana Desa

Pihaknya dalam waktu bersahabat akan berbicara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk membicarakan duduk kasus ini.

"Nanti laporan pertanggungjawabannya akan dievaluasi," kata Jokowi usai menghadiri program launching peningkatan kapasitas pemerintahan desa di Jogja Expo Center (JEC) Bantul, Rabu (25/7/2018).

Jokowi menyampaikan ia sudah sering mendengar keluhan terkait rumitnya format SPJ. Apalagi, sewaktu Jokowi berkunjung ke pelosok-pelosok desa di tanah air.

"Ya, aku sudah mendengar waktu aku ke desa-desa itu keluhannya memang kasus laporan pertanggungjawaban. Keuangan (di SPJ) terlalu rumit," ungkapnya.

"(Kalau) dalam lingkup desa laporannya ibarat di kementerian ya tidak mampu nanti. Ini yang mau aku urus dengan Menteri Keuangan," lanjutnya.

Menurutnya, SPJ dana desa seharusnya lebih simpel dan tidak membingungkan sumber daya insan (SDM) di desa. Terlebih kalau SDM yang ada di desa-desa itu terbatas.

"Agar lebih simpel, lebih sederhana, tapi praktis ngeceknya. Yang paling penting (SPJ) praktis dicek gitu saja," pungkas Jokowi. (detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel