2 Perjuangan Agribisnis Yang Menguntungkan Di Desa

Indonesia ialah negara agraris di mana lebih banyak didominasi penduduknya sebagai petani. Dengan wilayah Indonesia yang sangat luas, subur dan berada pada garis katulistiwa beriklim tropis sehingga menjadi sektor agribisnis Indonesia tetap bertahan hingga ketika ini.

Usaha agribisnis termasuk dalam bisnis berbasis pertanian yang menjanjikan dengan laba yang besar. 

Sehingga tak heran bila sektor agribisnis ini diminati oleh banyak pihak, termasuk oleh bumdes sebagai forum pemberdayaan masyarakat yang berbasis di desa yang berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Berikut 2 peluang perjuangan di bidang agribisnis yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan oleh bumdes (badan perjuangan milik desa).

1. Usaha Pembibitan Tanaman

Bisnis agribisnis pembibitan flora salah satu perjuangan yang paling cocok untuk dikembangkan di desa. Namun sebelum perjuangan dilaksanakan, cermati dulu jenis flora apa saja yang banyak diminati, biar produk yang dihasilkan laris di pasar.

Dalam pembibitan skala besar, perjuangan ini sangat sempurna bila dikembangkan oleh bumdes. Apalagi kini ada kebijakan dari pemerintah, dimana setiap desa dibutuhkan sanggup menghasilkan satu product unggulan sesuai abjad lokal masing-masing.

Apalagi prospek perjuangan pembibitan flora kiat cerah. Karena para petani kini cenderung membeli bibit yang berkualitas. Maka sungguh disayangkan bila perjuangan pembibitan ini disia-siakan.

Baca juga: Bisnis Apa yang cocok untuk Bumdes Pemula?

2. Usaha Budidaya Jamur Merang

Budidaya jamur ini tetap tidak ada matinya hingga ketika ini dan ada baiknya apabila anda mulai untuk mencoba menjalankannya sebab selain sanggup dikonsumsi, ada pula jamur tertentu yang sanggup dijadikan sebagai obat herbal.

Peluang perjuangan bidang agribisnis ini masih sangat terbuka luas sebab belum terlalu banyak orang yang melaksanakan budidaya jamur secara besar besaran sehingga masih sedikit tingkat persaingannya.

Jamur merupakan materi kuliner yang sangat baik dikonsumsi selain kaya serat, tinggi protein juga sebagai pengganti daging bagi golongan vegetarian.

Makanan glamor ala resto juga kerap kali menggunakan jamur sebagai salah satu adonan kuliner yang dihidangkan.

Selain 2 perjuangan agribisnis diatas, 5 inspirasi bisnis mengutungkan di desa ini kiranya sanggup dipertimbangan sebagai pilihan perjuangan bumdes selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel