Apa Itu Bisnis Plan Bumdes?

Bisnis plan bumdes itu sangat penting tapi sering diabaikan terutama oleh bumdes-bumdes pemula. Padahal bisnis plan yaitu dokumen yang bisa memperlanjar jalannya sebuah usaha. 

Bisnis plan bumdes itu sangat penting tapi sering diabaikan terutama oleh bumdes Apa itu Bisnis Plan BUMDes?

Menurut jago di bidang kewirausahaan, Peter dan Hisrich menyebutkan bahwa bisnis plan yaitu sebuah dokumen yang di dalamnya terdapat beberapa aspek internal dan eksternal yang terkait dengan operasional perjuangan yang dijalankan.

Jadi bisa dikatakan bahwa bisnis plan itu yaitu citra perjuangan yang dibentuk sebelum perjuangan di jalankan yang di dalamnya terdapat aspek-aspek penting contohnya latar belakang usaha, bentuk produk (barang/jasa), sasaran pemasaran, taktik pemasaran produk, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini kita mencoba membahas apa itu bisnis plan Bumdes, bagaimana cara menyusun bisnis plan bumdes dan hal-hal apa saja yang harus ada dalam pembuatan dokumen planning perjuangan bumdes, dan mengapa bisnis plan bumdes itu penting?

Apa itu Bisnis Plan BUMDes?

Secara sederhana rencana perjuangan atau bisnis plan bumdes yaitu pernyataan format tertulis yang memuat wacana citra umum usaha, jenis usaha, konsumen/pemakai produk, taktik pemasaran produk (barang atau jasa), tantangan usaha, planning biaya, proyeksi omset dan keuntungan yang diperoleh dari perjuangan yang dijalankan.

Rancangan perjuangan bumdes bisa disebut juga sebagai usulan perjuangan bumdes yang dipersiapkan secara matang dan komprehensif sebelum perjuangan dijalankan.

Dengan tersedianya planning perjuangan bumdes akan terlihat dengan terperinci apakah perjuangan yang akan dijalankan kedepannya mempunyai prospek keberhasilan. Selain itu, akan gampang diketahui apa saja penghalang dan persoalan yang dihadapi untuk kesinambungan perjuangan kedepannya.

Sehingga setiap perjuangan yang digerakkan oleh bumdes bukan lahir secara instan, tapi melalui perencanaan matang. 

Sebab, berguru dari banyak sekali pengalaman, sebuah perjuangan bumdes yang lahir secara instan tanpa melalui proses perencanaan yang matang sering rubuh ditengah jalan. Hal-hal ibarat ini tentu tidak diharapkan. 

Karena yang di damba-dambakan yaitu BUMDes sanggup berkembang dan maju sebagai forum ekonomi yang berdikari di desa, selain bisa menghidupkan dirinya juga bisa meningkatkan dan memajukan ekonomi masyarakat desa.

Memang harus diakui bahwa merintis bumdes maju bukan sesuatu yang mudah. Tapi butuh kerja keras, kegigihan, sinergik, dan tunjangan seluruh stakeholder di desa.

Demikian klarifikasi singkat wacana Apa itu Bisnis Plan BUMDes? Insya Allah, dalam artikel berikutnya akan kita coba bahas wacana bagaimana cara menyusun planning bisnis plan BUMDes beserta pola usulan perjuangan bumdes

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel