Bangun 100 Desa Inovasi, Kemristekdikti Siapkan Rp 30 M

GampongRT - Awal Januari 2016 mendatang, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemristekdikti) bakal memulai kegiatan "Desa Inovasi" yang sudah dicanangkan semenjak setahun lalu. Pada tahap awal, kegiatan tersebut akan menyasar 100 desa.

Dirjen Penguatan Inovasi Kemristekdikti, Jumain Appe mengatakan, melalui kegiatan ini, produktvitas warga di desa nantinya akan ditingkatkan melalui pemanfaatan teknologi.

"Desa Inovasi merupakan penerapan teknologi di pedesaan dalam rangka meningkatkan produktivitas masyarakatnya. Untuk tahap awal, kita sudah menyiapkan dana sebesar Rp 30 miliar untuk 100 desa," ujar Jumain Appe, di Jakarta, Senin (29/12).

Program Desa Inovasi juga menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM untuk memastikan hasil produksi dari pemanfaatan teknologi tersebut dapat terjual. Demikian juga dengan Kementerian Desa alasannya yaitu konsep dari kegiatan Desa Inovasi yaitu pengembangan dari ekonomi pedesaan.

"Untuk menjalankan kegiatan ini, kami juga akan berhubungan dengan akademi tinggi. Dananya akan diserahkan ke mereka alasannya yaitu mereka lah yang punya SDM dan teknologinya. Program ini dapat selaras dengan kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa, atau kegiatan dedikasi masyarakat," tambah Jumain.

100 Desa Inovasi di tahun 2016 menurutnya gres tahap awal. Selanjutnya kegiatan ini juga akan menyasar desa-desa lain sampai setidaknya terbentuk 1.000 Desa Inovasi.


Sumber: beritasatu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel