Mendes Klaim Dana Desa Tingkatkan Kualitas Hidup Rakyat

Ayo Bangun Desa - Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengklaim kegiatan dana desa yang digulirkan semenjak 2015 berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat. Menurut Eko, hal itu tercermin dari masifnya pembangunan infrastruktur di kawasan yang didanai oleh dana desa. 
Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo 
Menurut dia, sampai ketika ini, dana desa sudah dipakai untuk membangun 66 ribu kilometer jalan, 77 ribu unit MCK, 38 ribu unit turab penahan longsor, dan 12 ribu sekolah PAUD.

"Tahun kemudian infrastruktur dasar meningkat cukup baik sehingga kualitas hidup masyarakat desa naik," kata Eko ketika menjadi pembicara dalam sebuah kegiatan diskusi di Sahid Sudirman Center, Jakarta, Selasa (30/5).

Perbaikan infrastruktur ini pun meningkatkan Indeks Desa Membangun. Kementerian PDT mencatat pada 2016 ada 11 ribu desa tertinggal yang naik kelas menjadi desa berkembang. Sebanyak tujuh ribu desa berkembang naik tingkat menjadi desa maju.

Eko menjelaskan infrastruktur menjadi ukuran Indeks Desa Membangun atau penetapan apakah sebuah desa tertinggal, berkembang, atau maju. Dia menyebutkan infrastruktur yang diukur di antaranya mempunyai rumah sakit serta akomodasi kesehatan lain yang memadai, tersedia jaringan air higienis yang baik, mempunyai sistem sanitasi, dan rasio jumlah sekolah sepadan dengan jumlah penduduk.


Pada 2017, pemerintah menggelontorkan anggaran untuk dana desa sebesar Rp 60 triliun. Angka itu meningkat dari anggaran tahun kemudian sebesar Rp 46,9 triliun.

Eko juga menyebutkan ada perbaikan administrasi pengelolaan dana desa dari tahun ke tahun. Saat pertama kali diluncurkan pada 2015, hanya 80 persen dana desa yang terserap.

Namun, tahun lalu, serapan anggaran dari kabupaten ke desa meningkat menjadi 90 persen. Eko menyatakan capaian yang tidak maksimal pada tahun pertama karena perangkat desa belum mempunyai perencanaan yang matang mengenai dana desa.

Eko menyebut, kegiatan dana desa ke depan tidak hanya ditargetkan memperbaiki kualitas hidup rakyat. "Tetapi juga sanggup meningkatkan pendapatan masyarakat desa secara signifikan," kata dia.(republika)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel