Aplikasi Bumdes Terbaru 2019 Dan Cara Menggunakannya

Salah satu duduk perkara umum yang kerap menjadi keluhan masyarakat desa dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yaitu terkait dengan administrasi bumdes dan penyusunan pelaporan keuangan bumdes yang belum profesional, akuntabel dan transparan.

Dalam definisi yang sederhana, akuntabilitas berarti para pengelola bumdes bisa mempertanggung jawabkan seluruh pelaksanaan acara perjuangan bumdes kepada masyarakat desa. Sedangkan bertanggung jawab berarti pengelola bumdes bisa menyajikan laporan keuangan dengan baik, jujur dan terbuka.

Nah, untuk mewujudkan pengelolaan keuangan BUMDes yang akuntabel dan transparan, tentu harus ditunjang dengan sistem administrasi dan akuntabilitas pengelolaan bumdes yang baik dan inovatif. 

Salah satu aplikasi yang sanggup dimanfaatkan oleh para pengelola BUMDes di periode milenial ini, ibarat Aplikasi BUMDes berbasis android yang dibangun oleh PT. Usaha Desa Sejahtera bersama Kementerian Desa.

Dengan kehadirannya aplikasi bumdes ini kiraya sanggup memudahkan para pengelola bumdes dalam penyusunan laporan keuangan dan acara usaha. Karena, aplikasi BUMDes berbasis android ini sangat gampang dipakai di smartphone. 

Secara tujuan dan fungsinya, aplikasi BUMDes terbaru ini berbeda dengan Aplikasi SIA BUMDes yang dikembangkan oleh BPKP. Yang mana kalau aplikasi SIA BUMDes itu sistem info berbasis komputer dan laptop. Sedangkan aplikasi bumdes terbaru ini berbasis android.

Beberapa Kegunaan Aplikasi BUMDes, sebagai berikut:
  1. Membantu mendaftarkan forum BUMDes supaya sanggup divalidasi oleh Pemerintah.
  2. Membantu dalam memperoleh saluran info terkait pertolongan dari pemerintah.
  3. Membantu proses pengelolaan keuangan termasuk laporannya.
  4. Membantu BUMDes dalam menyusun rencana perjuangan (business pla dan SOP dengan mudah.
  5. Membantu BUMDes dalam mengakses kerjasama dengan pihak lain, termasuk pasar. 

Oleh alasannya ialah itu, kehadirannya aplikasi Bumdes terbaru ini diperlukan sanggup dimanfaatkan dan dipergunakan oleh para pelaku BUMDes. 

Sedangkan bagi Pemda dan Kementerian Desa sanggup menjadi sarana dalam memfasilitasi pengembangan BUMDes, baik itu berupa pelatihan, pendanaan atau penambahan modal usaha, saluran pasar, dan aneka macam dukungan dalam bentuk lainnya.

Lalu, bagaimana cara mendapat Aplikasi BUMDes dan cara penggunaan aplikasinya?

Cara mendapat aplikasi BUMDes berbasis android ini sangat sudah, alasannya ialah sudah tersedia secara gratis di Google Play Store. Sedangkan untuk cara pemakaian aplikasi juga sudah tersedia buku Panduan Penggunaan Aplikasi BUMDes.

Adapun langka-langkah dalam melaksanakan pendaftaran akun di aplikasi BUMDes, sebagai berikut:

1. Langkah pertama

Jika Anda belum melaksanakan donwload aplikasi BUMDes, silahkan unduh di App Store GoogleSetelah aplikasi terinstal di Smartphone Anda. Klik menu Daftar Sekarang untuk melaksanakan proses pendaftaran akun.


Salah satu duduk perkara umum yang kerap menjadi keluhan masyarakat desa dalam pengelolaan Badan Aplikasi BUMDes Terbaru 2019 dan Cara Menggunakannya

Tahapan berikutnya, silahkan isi data yang diminta sesuai Peraturan Desa terkait Pendirian BUMDes. 

Adapun data yang harus di isi meliputi; nama bumdes, tahun pendirian, nama provinsi, nama kabupaten, nama kecamatan, nama kelurahan/Desa, alamat BUMDes, nomor dan tahun perdes pendirian bumdes berserta lampiran dokumennya.

Untuk memperlancar proses pendaftar akun, pastikan dokumen perdes sudah tersedia di dalam hand phone Anda.




2. Langkah kedua

Isi data salah satu pengurus BUMDes yang akan dijadikan admin. Data yang harus di isi meliputi; nama admin, email, jabatan di bumdes, nomor HP, dan PIN. Jika data sudah terisi semua, klik DAFTAR.



Selanjutnya, Anda akan mendapat dua perintah, KEMBALI dan YA. Jika data yang diisi sudah benar dan lengkap. Silahkan klik YA.


 

Setelah pendaftaran akun berhasil klik TUTUP untuk melanjutkan ke proses selanjutnya. 

Jika pendaftaran Anda berhasil. Klik KEMBALI untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Itulah dua langkah yang harus dilakukan dalam proses pendaftaran akun di Aplikasi BUMDes. Setelah itu gres bisa dilanjutkan ketahapan pendataan awal BUMDes dengan sejumlah pertanyaan yang harus Anda jawab disana, antara lain sebagai berikut:

  • Apakah BUMDes Anda sudah punya mempunyai SOP Usaha? 
  • Berapa Omset yang telah dihasilkan BUMDes Anda? 
  • Berapa persen konstribusi BUMDes Anda terhadap PADesa atau Dana Sosial?  
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas Anda harus masuk dulu ke aplikasi BUMDes dengan cara masukkan nomor HP dan PIN yang sudah didaftarkan, ibarat gambar dibawah ini.
Salah satu duduk perkara umum yang kerap menjadi keluhan masyarakat desa dalam pengelolaan Badan Aplikasi BUMDes Terbaru 2019 dan Cara Menggunakannya

Demikian ulasan singkat perihal Aplikasi BUMDes Berbasis Android dan Cara Registrasinya. Untuk proses pendaftaran lebih lengkap sanggup Anda baca dalam Panduan Penggunaan Aplikasi BUMDes ini. Semoga bermanfaat, terus bergerak!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel