Buka Perjuangan Di Desa, Tidak Punya Modal? Ini Solusinya

Desa kini tak lagi menyerupai dulu. Saat ini bermacam-macam akomodasi umum menyerupai infrastruktur jalan sudah semakin membaik, begitu juga dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa terus tumbuh kearah positif meskipun belum merata.

Beriringan dengan semakin membaiknya kondisi ekonomi di perdesaan, bermacam-macam jenis perjuangan warga lahir. Mulai dari perjuangan kecil-kecilan hingga perjuangan skala besar. 

Meskipun dulu kebanyakan orang berpikir kalau hidup di desa itu tidak sanggup mengubah nasib. Maka tak heran bila sebagian pemuda-pemudi desa menentukan hijrah ke kota-kota besar dengan maksud memperbaiki nasib. 

Namun, seiring perjalanan waktu, ternyata kehidupan di kota tak seindah yang mereka bayangkan. Setelah mimpi tak sanggup diraih, kembali ke kampung halaman, menjadi sebuah pilihan untuk meneruskan kehidupan dan penghidupan yang lebih baik di hari esok.

Nah, bagi kau yang ingin membuka perjuangan di desa, tidak punya modal kerja bukan sebuah hambatan lagi sekarang. Selama kamu memang betul-betul serius, ada beragam akomodasi pertolongan modal perjuangan sanggup kau susukan dengan gampang dengan pertolongan bunga yang sangat ringan.

Namun, bila kau khawatir mengajukan pertolongan modal perjuangan terlilit riba? Ada alternatif lain ambil yaitu dengan menentukan pertolongan syariah. Produk syariah memang paling sempurna dan terbaik bagi seorang muslim ketimbang yang lainnya.

Baca: Usaha apa saja yang menjanjikan dikembangkan di desa

3 forum ekonomi berikut ini mungkin sanggup menjadi solusi untuk kau pinjamkan uang modal usaha. Mengingat kedua lembangan ini merupakan forum keuangan yang paling bersahabat dengan masyarakat di perdesaan.

1. Pinjaman Modal dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Jika di desa mu sudah ada BUMDes yang bergerak di sektor simpan pinjam. Kamu dapat manfaatkan untuk meminjam modal usaha. BUMDes merupakan sebuah forum perjuangan desa yang dikelola oleh pemeritah desa bersama masyarakat dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. 

Pendirian BUMDes selain bermaksud untuk menyerap tenaga kerja di desa juga untuk membuka peluang-peluang perjuangan ekonomi produktif dalam upaya menunjang perekonomian masyarakat desa.

Karena itu, kau sanggup olok-olokan pertolongan modal perjuangan ke bUMDes. Dari pada kau meminjak kepada renternir lebih baik kau pinjamin ke BUMDes saja. Biasanya pertolongan modal ke BUMDes prosesnya lebih gampang dan cepat cair, bila persyaratan yang ditentukan oleh pengelola BUMDes sanggup kau dipenuhi.


2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) salah satu jenis pertolongan modal perjuangan yang paling disukai kini oleh masyarakat desa. KUR ini disalurkan melalui bank pemerintah. 

Besaran bunga KUR termasuk yang terendah dibandingkan dengan jenis pertolongan modal perjuangan lainnya. Bunga yang rendah ini dikarenakan KUR memang memperoleh subsidi dari pemerintah. Pola penjaminan sesuai dengan bidang perjuangan calon nasabah KUR.

Salah satu bank yang ditugaskan pemerintah untuk melayurkan KUR yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI). Jika kau mau buka perjuangan di desa, tidak punya modal. Pinjaman KUR BRI sanggup menjadi salah satu solusinya. 

Apalagi cicilan yang ditawarkan KUR BRI sangat rendah dan cocok untuk pelaku perjuangan kecil dan menengah atau pemula. 

3. Pinjaman Modal dari Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam termasuk salah satu alternatif yang sanggup kau manfaatkan untuk mendapat modal perjuangan kerja. Syarat untuk mendapat pertolongan modal di koperasi tergolong gampang dengan suku bungan pertolongan yang ringan.

Untuk mendapat pertolongan tanpa jaminan dari koperasi tentu ada syarat-syaratnya. Salah satunya kau harus bergabung menjadi anggota koperasi, alasannya yakni prinsip koperasi mensejahterakan anggotanya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel