Ada 134 Ribu Lowongan Cpns, Berencana Dibuka Tahun Ini

Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berencana membuka gugusan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di tahun ini sebanyak 134 ribu. Tes itu digelar dengan memakai sistem‎ Computer Assisted Test‎ (CAT).

Ilustrasi Tes CPNS
Lowongan CPNS itu dibuka alasannya yakni adanya sisa gugusan CPNS 2014 yang tidak terpakai, jumlah pensiunan PNS serta honorer K2 bodong yang sebelumnya dinyatakan lulus tes. Rencananya digelar usai lebaran.

"Moratorium itu tidak mutlak, ketika ada kebutuhan riil mendesak tetap dapat diusulkan dengan seleksi yang ketat semoga regenerasi tetap berjalan," kata Asdep Koordinasi Kebijakan Penyusunan Evaluasi Program dan Pembinaan SDM Aparatur KemenPAN-RB Bambang Sumarsono dikala berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (23/5/2015).

Dari total 134 ribu formasi, sekitar 30 ribu didedikasikan untuk honorer K2 dan sisanya untuk pelamar umum. Profesi tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan merupakan yang paling banyak dicari pemerintah dalam seleksi CPNS 2015.

"Karena banyak kawasan terpencil yang masih butuh guru dan tenaga kesehatan," tutur dia.

Seperti diketahui, KemenPAN-RB beberapa waktu kemudian telah mengumumkan untuk melaksanakan moratorium CPNS. Hal itu dikarenakan banyaknya formsai CPNS yang kurang efektif.

Namun moratorium tersebut tidak berlaku untuk beberapa jabatan yang berkaitan dengan kesehatan dan pendidikan. 

Sumber: liputan6.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel