Dana Desa Diperlukan Atasi Kesenjangan Si Kaya & Si Miskin

Rumah Warga Miskin/Foto Ilustrasi GRT
GampongRT - Anggaran dana desa yang berikan oleh pemerintah kepada setiap desa di Indonesia dibutuhkan sanggup mengatasi kesenjangan sosial menyerupai yang terjadi selama ini. Dengan adanya kucuran dana sentra yang masuk ke pedesaan, pemerintah tempat diimbau untuk turut serta membangun pedesaan sehingga nantinya sanggup meningkatkan perekonomian masyarakat di setiap desa di Indonesia.

Sehingga, kesenjangan sosial yang terjadi di perkotaan pun sanggup diantisipasi alasannya yakni meningkatkannya perekonomian masyarakat pedesaan yang berdampak pada semakin sedikitnya masyarakat di desa melalukan migrasi ke kota. (Baca: Menteri Marwan Segera Jalankan Program Padat Karya)

Menurut Ekonom Utama Bank Dunia di Indonesia Ndiame Diop, aktivitas dana desa ini seharusnya sanggup menjadi pion pembangunan tempat yang kemudian akan memperlihatkan pengaruh jangka panjang bagi peningkatan perekonomian pedesaan.

"Dana desa sanggup meningkatkan perekonomian tempat yang menjadikan meningkatnya ekonomi nasional," ujar Ndiame di Gedung Energi, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Bank Dunia, pada tahun 2016 national banget transfer (transfer dana desa) sanggup mencapai Rp47,7 triliun. Jumlah ini meningkat 2 kali lipat dibanding tahun 2015 yang hanya mencapai Rp20,8 triliun.

"Dana desa sanggup menjadi salah satu kebijakan yang memperlihatkan pengaruh kasatmata bagi perekonomian daerah. Dengan adanya pembangunan infrastuktur sanggup dana desa ini sanggup menjadi penggerak," imbuh Ndiame. 

Kesenjangan sosial yang ketika ini terjadi sanggup diatasi dengan memanfaatkan dana desa. Untuk itu, pemerintah perlu meningkatkan pengawasan dana desa semoga tidak disalahgunakan dan mengendap di bank daerah.

Sumber: okezone.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel