Pengamat: Dana Desa Jangan Bernasib Menyerupai Kut

GampongRT - Bantuan dana desa yang dialokasikan pemerintah sentra melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dengan tujuan untuk membangun Desa, diperlukan akan dikelolah dan dimanfaatkan dengan baik sehingga tidak akan bernasib menyerupai jadwal Kredit Usaha Tani (KUT) pada zaman orde baru, dimana sebagian besar berujung ke ranah hukum.

“Bantuan Dana Desa diperlukan jangan jadi menyerupai KUT. Dimana semua desa berebut mendapat kredit perjuangan tani, sementara pengelolaanya tidak di tunjang dengan teknlogi dan sumber daya insan (sdm), kesudahannya sulit diterapkan sehingga banyak yang berujung problem hukum,” ujar Ferry Mohede salah satu pemerhati pemerintahan di Kabupaten Minsel. (Baca: KementerianDesa Diminta Rekrut Sarjana Desa)


Agar tidak berujung masalah, berdasarkan Mohede, harus dilakukan bimbingan tekhnis secara komprehensif oleh instansi terkait terkait pengelolaan dana desa, sehingga dana desa akan dikelolah sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. “Dan pemerintah desa mempersiapkan sumber daya manusia, yang sanggup bekerja mengelolah dana desa secara profesional, transparan dan akuntabel sesuai dengan ketentuan serta Desa juga harus memliki jadwal yang terperinci wacana pemanfaatan dana desa, ” katanya.

Hal lainnya semoga Dana Desa dikelolah dengan baik dan benar, disarankan Mohede, pengawasan atau sistem kontrol dilakukan melalui info data basic intenet atau online, eksklusif ke pemerintah sentra atau instansi terkait.

“Tujuannya untuk memudahkan pengawasan , sehingga bila terjadi kesalahan dalam pengelolahan dana desa eksklusif diketahui dan dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Mohede juga mengingatkan semoga nantinya dana desa tidak diinterfensi atau tertinggal di pemerintah daerah, alasannya yaitu intinya dana desa untuk membangun desa. “Sehingga benar-benar dana desa akan dirasakan keuntungannya oleh masyarakat, dalam rangka peningkatan kesejahteraan,” pungkasnya.


Sumber: manadotoday
#bangundesa #desaberdaya #desamandiri #desasejahtera #danadesa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel